Peluang Usaha Air Minum ( Air Mineral )

Peluang Usaha Air Minum –  Setiap orang membutuhkan air minum itu sudah pasti. Air minum merupakan kebutuhan pokok setiap makhluk hidup. Nah kali ini Admin akan berbagi seputar Tips dalam memulai bisnis Usaha Air Minum Alasan Peluang Usaha Air Minum Prospektif. Bisnis air isi ulang akan selalu hidup. Ada beberapa penyebab kenapa membuka Usaha Air Minum mempunyai prospek sangat bagus :

  • Air minum merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan setiap hari oleh manusia.
  • Makin banyak kantor, pabrik, dan tempat bekerja baru bermunculan. Air minum adalah kebutuhan wajib untuk para pekerja.
  • Banyak orang tua (bapak maupun ibu) menjadi pekerja untuk mengumpulkan uang sehingga tidak punya waktu untuk menyiapkan air siap minum.
  • Bahan baku air minum semakin susah didapat karena air sumur/air tanah/air ledeng di beberapa tempat berbau, berasa, atau berwarna sehingga tidak layak untuk dimasak.
  • Semakin banyak keluarga yang peduli dengan kualitas air minum
  • Alasan lainnya yang anda tahu, silahkan tambahkan di komentar ya.

Berikut ini tips menarik dan efektif Dalam membuka Usaha Air Minum :
1. Pelajari Market dan Lokasi anda

Dimanapun kota anda, cek pasar air minum galon di kota anda, apakah masyarakat sudah mulai mengkonsumsi air dalam galon ? atau masih terbiasa dengan merebus air ? Jadi semakin di daerah anda yang buka depot air minum, tandanya semakin banyak orang yang menkonsumsi air dalam galon. Tidak perlu takut buka Usaha Air Minum di tempat yang sudah banyak Usaha Air Minum dibuka.. Justru lebih takut bila tidak ada orang yang buka depot di daerah anda.

2. Pelajari Kompetitor Usaha Air Minum yang lainnya

Lakukan survey ada berapa Usaha Air Minum di kota anda, harga, omset per hari, kualitas (UV / RO), armada sales, armada pengiriman, bonus, promosi, dan tanyakan masyarakat kenapa pilih yang ini atau yang itu.. semakin lengkap data anda, akan memudahkan anda untuk menyusun strategy pemasaran dan penjualan.
Biasanya orang mau buka depot hanya melihat depot lain buka dan banyaknya depot yang ada, tidak memikirkan hal tsb, sehingga bisa dikatakan : LATAH atau BEO saja, hanya ikut ikutan saja, tanpa tau arahnya kemana dan bagaimana buka Usaha Air Minum yang baik dan benar.
3. Pelajari Cara Pemasaran dan Penjualan terlebih dahulu sebelum memulai Usaha Air Minum
Seperti yang saya katakan sebelumnya, pelajari pemasaran dan penjualan yang ada di kota anda. Dan amati depot depot yang ramai dikunjungi orang dan amati mengapa bisa ramai, mengapa bisa digemari masyarakat.
4. Siapkan Strategi bila Anda ingin masuk di bidang Usaha Air Minum
Anda perlu berpikir keras dan putar otak untuk yang satu ini. Anda tidak bisa mengandalkan rejeki maupun Hoki saja dalam membuka depot air minum, spt anda menunggu orang datang untuk membeli air dari anda? Kita tau kan bahwa kita tidak pernah tahu kapan datang nya rejeki ? Maka dari itulah, kita kerjakan dengan strategy yang benar, dan efektif., agar anda dapat memperoleh omset yang baik dan modal pun cepet kembali.
5. Siapkan Waktu anda untuk FOKUS
Anda bukan hanya membeli depot dan biarkan tumbuh begitu saja, tanaman pun harus anda sirami dan rawat agar bisa bertumbuh dengan baik.. Jadi siapkan waktu anda minimal 6 bulan untuk FOKUS dalam menangani depot anda. KAlau anda tidak ada waktu, anda bisa merekrut orang untuk melakukannya. Apabila tidak keduanya, saya sarankan anda tidak membuka depot deh..
6. Yakinkan diri bahwa anda bisa berhasil dalam bisnis Usaha Air Minum
Apabila anda masih ragu, jangan sekali sekali melangkah.. karena dijamin pasti gagal ! Orang yang yakin aja belum tentu berhasil, karena buka depot air minum tidak semudah buka warung bakso maupun counter hp. Jadi bukan tugas kami meyakinkan anda, kami hanya bisa mengajari dan mendampingi anda dalam usaha ini setiap minggunya. Kayakinan berasal dari diri anda sendiri.
7.Pelajari Kelebihan Anda dan Depot anda
Apa kelebihan depot anda ? apakah kelebihan anda dalam mengelola depot agar dapat menjaring pelanggan dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang singkat ? Apabila depot anda tidak beda dengan depot yang ada, maka.. bagaimana anda bisa merebut pasar yang sudah ada dan sudah lebih senior dari anda ?
8. Siapkan budget anda, jangan memaksakan budget anda
Hampir 85% budget yang mereka sediakan adalah dibawah 10 juta, 65% dibawah 15 juta. Tetapi mereka ingin kelangkapan yang setara dengan depot air minum yang ada di kotanya.
MEmang bisa dengan budget tsb mendapat perlengkapan yang lengkap, tetapi KUALITAS nya sudah dipastikan adalah kualitas yang kurang baik, sehingga dalam waktu yg sangat singkat, kualitas air minum akan menurun drastis sehingga banyak sekali kendala yang dihadapi. Maka tidaklah heran kalau depot air minum isi ulang mendapat sorotan publik, yang salah satunya adalah terdapat BAKTERI di dalam airnya.. Inilah yang terkadang memberikan dampak negatif kepada dunia depot air minum di Indonesia.
Jadi jangan paksakan budget anda, untuk mendapatkan kelengkapan yang anda inginkan.
Sebenarnya, kalau jual air minum anda bisa mulai dari modal 5 juta !
9. Pilih produk yang berkualitas
Jualan air minum adalah bukan hanya 1 th maupun 2 th, melainkan selamanya.. spt kita jualan beras dll. Apalagi air adalah kebutuhan hidup nomor 2 setelah udara !
Pastikan produk anda adalah ber KUALITAS. Ingat ini : MONEY NEVER LIES ! duit ga bisa bohong.
Tetapi kadang ada juga supplier yang cukup ‘pandai’ menjual barang murah, dengan harga yang lebih tinggi dari barang yang berkualitas.. he..he..he..
10. Amati kualitas dan harga nya
Silahkan cek harga dan kualitas, bilamana perlu mintalah breakdown harga masing masing spesifikasi yang diberikan, bahkan merk maupun negara asal barang itu dibuat.
Jarang supplier yang mau memberikan harga satu per satu spesifikasi barang yang tercantum di spesifikasinya.
11. Cek keberadaan supplier
Waspadalah.. waspadalahh.. teliti sebelum membeli.. cek keberadaan supplier, baik pribadi, kantor, maupun data referensi nya.. karena di dunia ini, pasti ada yang namanya OKNUM..
12. Tanyakan supplier, apakah sudah mempunyai pengalaman buka depot ?
Apakah anda sudah mempunyai PENGALAMAN buka depot ? Bila tidak? kemana anda akan bertanya dan belajar ? Karena banyak sekali di pasaran supplier yang hanya jual beli mesin dan spareparts saja tanpa tahu kualitas barang yang dijual tersebut.
13. Tanyakan supplier, apakah dapat membantu anda dalam pemasaran dan penjualan ?
Apakah anda sudah PINTAR dalam hal pemasaran dan penjualan ? Tentu saja anda tidak belajar dari PESAING anda bukan ? Nah kepada siapa anda akan belajar ? anda mau belajar dari pengalaman ? hehehe.. ya kelamaan atuuuh… ! hihihi.. mie aja skrg ada mie instant..
14. Tanyakan supplier berapa lama jam terbang di dunia air minum ?
Pengalaman adalah GURU YANG BAIK.. pengalaman bisa dibagikan kepada sesama untuk dapat lebih baik tanpa harus melalui duka dan duka.
Saya sarankan anda belajar kepada yang mempunyai pengalaman yang cukup dan semakin banyak pengalaman, akan semakin baik bagi anda untuk belajar.

15. Pelanggan adalah RAJA
Jangan pernah mendebat pelanggan. Berdebat adalah merugikan anda sendiri. Perlakukan PElanggan seperti RAJA. Layani sepenuh hati, berikan yang terbaik, berikan lebih daripada yang diharapkan… niscaya akan baik untuk anda walau di kemudian hari dampaknya
16. Lakukan Recruit Marketing setiap waktu
Banyak sekali depot yang hanya mempunyai marketing kurang dari 5 orang. Kunci keberhasilan depot adalah di marketing / salesman.. INGAT : SUKSES tidak SENDIRIAN !
17. Lakukan pencarian pelanggan setiap waktu
Jangan terlena dengan apa yang anda dapatkan sekarang.. INGAT : HIDUP TIDAK PASTI, maka kita cari yang pasti pasti saja , so… carilah pelanggan lebih banyak lagi setiap waktu
18. Lakukan catatan, admin dengan rutin, teliti dan tepat
Catatan ini sangat lah penting dan sangat membantu kita utnuk melihat statistikm dan bahan untuk membuat stragtegy di kemudian hari..
19. Lakukan inovasi dalam promosi, perbanyak alat promosi
Kita sendiri mudah bosan.. apalagi pelanggan kita ? buatlah inovasi setiap waktu untuk merangsang dan menyegarkan angka penjualan anda.. Percayalah..
20. Jagalah kualitas setiap waktu
TERLENA ! itulah kata yg paling tepat bagi anda yang telah mempunyai omset yg banyak.. yang anda kira : GINI AJA LAKU ?? haha.. silahkan saja anda berbuat demikian..
JAGALAH KUALITAS setiap waktu.. pastikan KUALITAS adalah makin hari makin baik !
Nah ! itulah sepintas tips dari saya, yang saya kumpulkan berdasarkan pengalaman saya pribadi di lapangan.
Semoga bermanfaat…

( Baca juga Ide Bisnis Rumahan dengan Keuntungan Besar )

 

2 thoughts on “Peluang Usaha Air Minum ( Air Mineral )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *